Powered by Blogger.

Saturday, September 7, 2013

Mengenal Lebih Dekat Jenis Sambungan Hard Disk


Sebagai media penyimpanan data, terkadang keberadaan sebuah hard disk membuat penggunanya mengesampingkan beberapa keragaman dibaliknya.

Oleh karena itu, untuk memperkaya pengetahuan pengguna dalam memaksimalkan fungsi dari hard disk itu sendiri, maka berikut adalah penjelasan singkat seputar jenis-jenis sambungan yang kerap ditemukan pada media penyimpanan tersebut.

Tanpa disadari selama ini ternyata ada 5 jenis cara untuk menyambungkan hard disk ke komputer:

1. Melalui USB
USB adalah jenis sambungan yang paling umum. Anda tidak perlu mempersiapkan apa pun. Cukup tancapkan. Komputer langsung mengenali hard disk, kemudian Anda dapat membaca serta menyimpan file dalam seketika.

2. Melalui FireWire
Jenisnya plug-and-play seperti USB, FireWire 800 jauh lebih cepat, sehingga cara ini begitu populer di kalangan profesional untuk mentransfer file video untuk produksi.

3. Melalui SATA
SATA adalah sambungan standar untuk hard disk internal. SATA menghadirkan kecepatan transfer file paling tinggi untuk format apa pun.

4. Melalui eSATA
Sambungan yang tidak terlalu umum namun memiliki kinerja yang tinggi dan biasanya ditemukan di PC. Sambungan eSATA berkinerja tinggi dengan kecepatan yang hampir sama dengan hard disk internal.

5. Melalui Wireless
Jenis sambungan ini benar-benar unik karena tidak membutuhkan kabel! Oleh karena itu, hard disk jenis ini selain bisa disambungkan dengan PC atau Mac, juga bisa digunakan pada perangkat mobile, contohnya iPhone, iPad, Android dan lainnya.

Jadi, pilihlah jenis koneksi yang sesuai dengan kebuthan Anda, agar penggunaan hard disk pun dapat sesuai dengan apa yang Anda butuhkan selama ini

ads

Ditulis Oleh : Unknown Hari: 5:01 PM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

 

Google Translate